Langsung ke konten utama

Tentukan Cara Belajar untuk Melangkah Menuju Bahagia!


Rasa lelah menghampiri ketika kita tidak bisa mencapai tujuan dari sebuah cita-cita.  Namun rasa jenuh akan mendatangi ketika kita tidak mengetahui apa yang menjadi cita-cita selama hidup di dunia @her.lyaa
Di awal tahap telur hijau, saya memiliki banyak hal yang membuat saya bahagia.  Banyak hal dari yang terlihat keren hingga receh bisa membuat saya bahagia.  Mungkin saya memang seseorang yang mudah bahagia ya? Hahaha..

Setelah dikerucutkan, akhirnya dipilihlah 5 hal yang membuat saya bahagia melakukannya.  Nyatanya hal tersebut seringkali terjadi dan tanpa diminta dilakukan berulangkali bahkan disaat waktu mepet semepetnya.   Efeknya saya bahagia.

Lanjut ke tahap kedua yang merupakan telur merah, hal atau kegiatan yang membuat saya bahagia itu semestinya dapat dilakukan bukan hanya di waktu luang atau dipaksa di saat mepet.  Tujuannya agar kebahagiaan akan datang menghampiri setelah melakukan aktifitas yang membuat saya bahagia.  Dan jadilah kutuliskan usaha dan keterampilan apa yang harus dimiliki dan lakukan agar menaikkan nilai dan kadar kebahagiaan melakukan hal-hal tersebut, diantaranya Manajemen waktu, Menabung dan berinvestasi, Juga berlatih

Ahaa.... Sampailah di tahap ketiga dengan telur warna oranye.   Eh, tahap selanjutnya semoga warna biru ya? Saya suka warna biru *Nyempil omongan ga penting

Seperti yang terlihat dipicture materi, yang merupakan sambungan dari pemahaman keterampilan apa yang harus saya miliki,  poin dalam menentukan cara belajar dimulai dari strong why, yaitu alasan mengapa harus terampil, hingga menentukan langkah dan ilmu yang mendukung ketrampilan yang harus dimiliki.

Merenung, semedi, coret ala-ala, bagaikan anak alay yang kadang suka bingung sendiri dengan kenyataan tugas menumpuk tidak bisa dibiarkan terbengkalai, sampailah pada kesimpulan bahwa alasan terkuat sehingga saya harus menguasai keterampilan yang disebutkan ditelur merah yaitu manajemen waktu, menabung dan investasi hingga berlatih karena kemampuan saya belum sangat mumpuni di sana.   Tugas domestik ibu rumahtangga, mom homeschooler dengan tanggung jawab penuh mengurus kurikulum bocah, kegiatan sampingan membangun eo kegiatan anak bersama partner,  bahkan sebagai blogger pemula yang jujur sejujurnya nyatanya dapat memberikan tambahan penghasilan yang semoga semakin lebih baik demi mewujudkan cita-cita dapat menjelajah banyak tempat seru untuk mewujudkan pengalaman dan semakin membuka pikiran anak-anak seperti yang pernah saya rasakan waktu muda, membuat saya bersemangat wajib, kudu menguasai keterampilan tersebut agar harapan saya tidak menguap seiring berjalannya waktu😉

Setiap keterampilan mesti ada ilmu dong ah😁 di bagian buntut yaitu berlatih ilmunya adalah drilling yaitu mengulang dan terus mengulang hingga akhirnya bisa menjadi expert.  Hal itu bisa jadi menyatu (meskipun terlihat seperti berbeda) dengan keterampilan manajemen waktu dan menabung hingga berinvestasi.  Manajemen waktu mestinya memiliki ilmu membuat jadwal, bekerja praktis dan efektif termasuk keras pada diri sendiri dalam menentukan sikap, pun menabung dan berinvestasi.  Membuat jurnal merupakan salah satu ilmu yang semestinya saya pelajari agar kegiatan dapat tertata dan gak ambyar.  Dalam jurnal semestinya juga melatih daya juang untuk konsisten, hehehe..

Sudah tau ilmunya, dapat sumbernya dari mana nih? Rasanya sih sumber ilmu yang paling mudah itu dari internet, tapi ya ga sampe kebablasan dan jadi sekedar menuhin materi trus teori doang.   Learn by doing.  Dengan keyword journal, saya mendata dan menuliskan hal penting termasuk mengevaluasinya.  Melihat YouTube yang mengajarkan cara membuat jurnal, lalu mengaplikasikan sehingga keterampilan yang dibutuhkan dapat terchecklist, terselesaikan sesuai koridornya, semoga.

Yang terakhir adalah menentukan cara belajar yang gue banget.  Hmm...saya sadar adalah seseorang memiliki kelebihan berimajinasi, menganalisis, dan berpikir secara pola.  Kecenderungan kenikmatan belajar secara visual jauh mendukung dibandingkan auditory.  Dengan melihat, menonton, dan akhirnya memahami langkah-langkahnya, akan lebih cepat membuat saya paham dan langsung diaplikasikan.

Doakan saya berhasil teman-teman🙏

#janganlupabahagia
#jurnalminggu3
#materi3
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggali Perencanaan #Sesi3

Tidak terasa sudah memasuki Minggu ke tiga tahap kupu-kupu setelah libur lebaran.  Menyenangkan dapat berbagi menjadi mentor dan menjadi mentee dari mentor saya yang loyal berbagi.   Ada sebuah kalimat bijak yang pernah saya baca yaitu, hal yang paling mudah untuk mewujudkan sebuah rencana yang pertama adalah dengan menuliskan langkah-langkahnya terlebih dahulu.  Setelah itu membuat sebuah tekad dan kebiasaan baik agar langkah-langkah kecil tersebut terwujud satu demi satu dan tercapai tujuan besarnya. Beruntung diberi bantuan dengan form ini kami semua dapat mencoba mendeskripsikan sesuatu hal yang menjadi pemikiran baik kami semua. Form satu bicara mengenai miliki rencana.  Dengan tujuan saya memiliki blog pribadi berkualitas yang bermanfaat dan menjadi salah satu penyaluran hobi, menebar informasi bermutu, dan bonusnya adalah tambahan penghasilan untuk menjadi ibu profesional. Sesuai form yang telah diberikan, langkah-langkah yang semestinya bisa setahap demi

Ayookk Nulis Lagi #Day22

Gak terasa nih dah ganti hari.  Akhirnya ngedraft lagi buat lanjutin postingan sebelumnya. Mengingat peristiwa lama, nyatanya lumayan sulit juga sih..., Tapi berhubung berkesan bisa ngalir juga masih perlu editing dan tambahan informasi penting biar manfaat:) Cukup aja, karena belum posting.  Semoga besok dah kelar💪

Balon Banyak Bisanya! #Day2

Corona membuat saat ini wajib di rumah aja.  Namun sebenarnya di rumah apakah tidak boleh keluar pintu? Masih bisa, namun tidak untuk membuat atau mendatangi kerumunan.  Keluar pintu sedikit, apalagi masih dihalaman rumah sendiri.  Sekaligus berjemur, sekaligus bermain. Balon Cerita lengkapnya saya tuliskan di blog pribadi , bisa baca :  sehat jiwa raga dengan balon Tantangan di hari kedua ini, saya seperti dijelaskan di postingan sebelumnya , yaitu, Jika saya menuliskan konten mengenai kegiatan anak, badge yang saya dapatkan adalah very good. Tetap semangat menyelesaikan tantangan untuk kebiasaan baik, Insyaallah...